Motor matic kini sedang menjadi sorotan didunia automotif, sejak kemunculan perdananya, motor ini semakin banyak peminatnya, penggunaannya yang mudah serta bentuknya yang mungil menjadi daya tarik ekstra motor tipe ini. Sayangnya motor tipe ini mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak dibandingkan motor manual, dikarenakan untuk dapat melaju diperlukan putaran mesin yang cukup tinggi.

Salah satu motor matic yang menjadi idola adalah mio, motor ini berhasil mencuri hati penggemar motor matic, tampilannya yang ramping menjadi daya tariknya. Motor ini juga telah banyak dimodifikasi sehingga tampak lebih menarik perhatian. Yang paling banyak diganti secara umum adalah ban luar mio soul modifikasi, diganti dengan menggunakan ban yang lebih kecil, biasanya bagian depan menggunakan ban 50/100-17 dan bagian belakang diganti 60/90-17 atau bahkan ada yang menggunakan velg yang memiliki ukuran ring 14.

Alasan menggunakan ban motor mio soul racing dengan ukuran yang lebih kecil adalah agar tidak terlalu memberatkan mesin, sehingga motor memiliki tarikan yang spontan. Pemilihan ban juga tidak asal-asalan, harus disesuaikan dengan kondisi dan penggunaan motor. Ban untuk kebutuhan sehari-hari jelas berbeda dengan ban yang akan digunakan untuk balapan. Bahkan jika dirasakan perlu menggunakan ban tubless adalah pilihan tepat. Ban jenis ini memang sedikit lebih berat dibandingkan ban standar tapi akan menjadi lebih efisien karena tahan lebih lama termasuk dari kebocoran.

Untuk kebutuhan racing, ban mio racing yang digunkan tentu memiliki ukuran yang lebih kecil. Penggunaan velg berukuran ring 17 yang biasa menjadi pilihannya, ban berukuran 50/90 bisa menjadi pasangannya, dibutuhkan ban yang tidak terlalu besar dan lebar. Pemilihan ban mio yang cocok untuk drag adalah ban kecil yang ringan tapi cukup lebar untuk menjaga keseimbangan motor, agar motor tidak mudah lepas kendali ketika dalam kecepatan tinggi. Dari semua faktor yang menentukan kemenangan dalam balapan drag, pilihan ban yang salah juga memberikan andil yang cukup besar dalam kegagalan meraih podium.

Popularity: 61% [?]

You Should Also Check Out This Post:

More Active Posts: